I.
Pengertian OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode
pemrograman yang berorientasi pada objek.
II.
Tujuan dari OOP yaitu untuk mempermudah pengembangan program
dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. setiap
bagian dari permasalahan adalah objek, dan objek itu sendiri merupakan gabungan
dari beberapa objek.
contoh: pesawat terbang.
pesawat terbang
terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi yaitu seperti mesin, roda,
baling-baling, kursi, sayap, dan lain lain. pesawat tersebut terbentuk dari
kumpulan objek-objek yang lebih kecil dan saling berhubungan satu sama lainnya,
saling berinterasi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek
lainnya. begitu pula dengan program, sebuah program memiliki objek yang besar
yang terdiri dari objek objek yang lebih kecil agar lebih mudah untuk
dikembangkan. objek objek tersebut akan saling berinteraksi satu sama lain
sehingga program tersebut dapat dijalankan.
III.
Konsep OOP (Object Oriented Programming) sebagai berikut:
1. Kelas
Abstrak (Class Abstraksi)
2. Enkapsulasi
(encapsulation)
3. Pewarisan
(Inheritance)
4. Polimorfisme
(polymorphism)
IV.
Pengertian Class adalah merupakan penggambaran dari
sebuah objek atau benda,sifat objek, dan juga apa yang bisa dilakukan oleh
objek tersebut. class berfungsi untuk menampung objek objek dan
method(behaviour) yang ada.
contohnya: class hewan,
buah-buahan, orang, bangunan, mobil, motor, dll
V.
Pengertian Objek adalah bentuk nyata dari sebuah class
dan dapat di lihat, di pegang,dan dirasakan.
contohnya: class buah-buahan maka
objeknya anggur, apel, nanas,
durian, jambu, mangga
VI.
Pengertian Method adalah suatu operasi berupa fungsi
fungsi yang dapat dikerjakan atau sesuatu yang dapat dilakukan oleh sebuah ojek
dalam kehidupan sehari hari yaitu:
Contoh 1.
- super class : alat transportasi
- class : motor, mobil,kereta api, pesawat terbang, kapal laut, dll
- objek : motor Yamaha, motor honda, motor suzuki, mobil sedan, mobil daihatsu, mobil bmw, pesawat tempur, pesawat garuda, dll
- method : berjalan, mundur, terbang, ngerem, berbelok, dll
Contoh 2.
a.
super class : Pertanian
b.
class
: buah-buahan
c.
objek
: anggur, mangga, nanas,
durian, jambu, apel, dll
d.
method : rasa, bentuk
buah, warna, ukuran, dll
VII.
Cara
membuat dan memanggil method
class motor{
String yamaha;
int tahunpembuatan;
void printmotor(){
System.out.println("yamaha: " + yamaha);
System.out.println("Tahun: " +
tahunpembuatan);
}
}
public class motorberjalan{
public static void main(String[] args){
// Membuat object
motorlaju = new motor();
/* memanggil atribut dan memberi nilai */
motorlaju.Yamaha = "bison";
motorlaju.tahunpembuatan = 2014;
motor.printmotor();
}}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar