Senin, 05 Mei 2014

Pengertian OOP (Object Oriented Programming)



I.             Pengertian OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi pada objek.

II.             Tujuan dari OOP yaitu untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. setiap bagian dari permasalahan adalah objek, dan objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek.


contoh: pesawat terbang.
pesawat terbang terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi yaitu seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, sayap, dan lain lain. pesawat tersebut terbentuk dari kumpulan objek-objek yang lebih kecil dan saling berhubungan satu sama lainnya, saling berinterasi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek lainnya. begitu pula dengan program, sebuah program memiliki objek yang besar yang terdiri dari objek objek yang lebih kecil agar lebih mudah untuk dikembangkan. objek objek tersebut akan saling berinteraksi satu sama lain sehingga program tersebut dapat dijalankan.
   III.        Konsep OOP (Object Oriented Programming) sebagai berikut:
1. Kelas Abstrak (Class Abstraksi)
2. Enkapsulasi (encapsulation)
3. Pewarisan (Inheritance)
4. Polimorfisme (polymorphism)

IV.          Pengertian Class adalah merupakan penggambaran dari sebuah objek atau benda,sifat objek, dan juga apa yang bisa dilakukan oleh objek tersebut. class berfungsi untuk menampung objek objek dan method(behaviour) yang ada.
contohnya: class hewan, buah-buahan, orang, bangunan, mobil, motor, dll
  V.          Pengertian Objek adalah bentuk nyata dari sebuah class dan dapat di lihat,  di pegang,dan dirasakan.
contohnya: class buah-buahan maka objeknya anggur, apel, nanas, durian, jambu, mangga
VI.          Pengertian Method adalah suatu operasi berupa fungsi fungsi yang dapat dikerjakan atau sesuatu yang dapat dilakukan oleh sebuah ojek dalam kehidupan sehari hari  yaitu: 

Contoh 1.
  1. super class  : alat transportasi
  2. class              : motor, mobil,kereta api, pesawat terbang, kapal laut, dll
  3. objek              : motor Yamaha, motor honda, motor suzuki, mobil sedan, mobil daihatsu, mobil bmw, pesawat tempur, pesawat garuda, dll
  4. method          : berjalan, mundur, terbang, ngerem, berbelok, dll
Contoh 2.
a.    super class   : Pertanian
b.    class               : buah-buahan
c.    objek               : anggur, mangga, nanas, durian, jambu, apel, dll
d.    method           : rasa, bentuk buah, warna, ukuran, dll

 VII.        Cara membuat dan memanggil method
class motor{
String yamaha;
int tahunpembuatan;
void printmotor(){
System.out.println("yamaha: " + yamaha);
System.out.println("Tahun: " + tahunpembuatan);
}
}

public class motorberjalan{
public static void main(String[] args){
// Membuat object
motorlaju = new motor();
/* memanggil atribut dan memberi nilai */
motorlaju.Yamaha = "bison";
motorlaju.tahunpembuatan = 2014;
motor.printmotor();

}}





                                                                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar